Tools yang bisa kamu Gunakan untuk Optimasi SEO

optimasi seo

Jika kita ingin memulai optimasi SEO, dibutuhkan peralatan yang lengkap untuk mendukung alur kerja sehari-hari. Ingin membuat strategi konten SEO yang baik? Pelajari cara mengidentifikasi jenis data yang kamu butuhkan dan alat terbaik untuk mendapatkannya dengan tinjauan alat yang mendalam ini.

Memilih alat yang tepat untuk ditambahkan ke alur kerja kamu sangat bergantung pada bagaimana tujuan kamu mengolah data. Dengan pengoptimalan konten, kita semua tahu bahwa langkah pertama adalah mengidentifikasi peluang, tetapi ada langkah penting kedua yang diperlukan sebelum mengeksekusi peluang: memahami konteksnya.

Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara menjawab pertanyaan, “Jenis data apa yang saya butuhkan?” dan alat terbaik untuk mendapatkan data tersebut.

Jenis Data Apa yang Kamu Butuhkan untuk Optimasi SEO?

Kamu mungkin berpikir ini adalah pertanyaan yang belum sempurna, tetapi mengetahui apa yang dibutuhkan data kamu terkadang sulit. Jika Kamu tidak mengevaluasi alasan kamu mencari data sejak awal, kamu berpotensi menghabiskan berjam-jam hanya untuk optimasi seo tanpa menyadarinya.

Jadi, pikirkan tentang kebutuhan kamu sebelum menghabiskan berjam-jam mempelajari alat yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri:

Apakah Membutuhkan Data untuk Riset?

Data penemuan membantu mengevaluasi peluang kamu dalam mencari kata kunci untuk optimasi seo. Jika kamu mencoba menentukan target, mendiagnosis kinerja situs, memahami area fokus tertentu, atau mengevaluasi ruang persaingan, mulailah di sini.

Apakah Saya Membutuhkan Data Pendukung dalam meng – Optimasi SEO?

Data pendukung memperkuat wawasan yang ditemukan dalam data penemuan dengan memberikan konteks dan bukti tambahan untuk target audiens.

Jika kamu mencoba memahami dinamika dalam meng- optimasi seo seperti alasan mengapa metrik kinerja turun pada saat-saat ganjil, penggunaan istilah atau topik penelusuran yang tidak terduga atau tidak biasa, bukti pergeseran pola lalu lintas, atau faktor lingkungan lain yang mungkin telah berkontribusi pada kinerja situs web, mulailah di sini.

Setelah kamu memahami jenis data yang kamu butuhkan, kamu dapat dengan mudah mengambilnya jika kamu tahu di mana mencarinya. Mari kita masuk dan mengidentifikasi 10 sumber daya konten yang tidak dapat kita tinggalkan di era baru SEO konten.

1. BrightEdge Data Cube

Kegunaan: analisis fitur SERP, penelitian kata kunci massal, dan analisis kompetitor.

Jika kamu tidak yakin tentang konten yang sedang kamu riset, BrightEdge Data Cube mungkin solusi yang kamu butuhkan. BrightEdge adalah salah satu alat komprehensif favorit kami untuk penelitian kata kunci, analisis pesaing, dan evaluasi fitur Search Engine Result Page(SERP).

Yang kamu butuhkan untuk memulai proses penemuan kamu adalah URL yang relevan. Setelah kamu memasukkan domain yang kamu pilih, Kamu dapat melihat peringkat kata kunci dari waktu ke waktu, data kinerja tingkat halaman, peluang konten, dan fitur SERP.

Dengan SERP yang selalu berubah, penting untuk terus memantau peringkat situs kamu (dan pesaing kamu) di berbagai lokasi dalam SERP. Fitur berguna yang ditawarkan Data Cube adalah tab Strategi Konten. Tab Strategi Konten melaporkan kinerja historis kata kunci untuk berbagai jenis fitur SERP organik, termasuk gambar, jawaban cepat, dan “People Also Ask”. Kamu juga dapat menemukan peluang kompetitif dengan menganalisis kinerja usecara umum mengenai kompetitor kamu.

2. Advance Web Rating (AWR)

Kegunaan: Porsi pasar dan visibilitas SERP

Advance Web Rating (AWR) membawa arti baru untuk berbagi suara melalui kemampuannya untuk menjadwalkan penjelajahan SERP untuk mesin pencari yang berbeda, dari lokasi yang berbeda, dan untuk perangkat yang berbeda!

AWR memudahkan untuk mengukur dampak perubahan konten dari waktu ke waktu. Melalui AWR, kamu dapat mengatur grup kata kunci dan menjadwalkan penjelajahan reguler SERP untuk memantau perubahan peringkat untuk daftar istilah yang kamu tetapkan. Pemantauan otomatis ini memberi kamu kemudahan untuk fokus pada proyek lain sambil mengukur pangsa perubahan suara untuk grup kata kunci kamu. AWR tidak membatasi kamu hanya untuk mengukur perubahan peringkat untuk situs web kamu.

Kamu juga dapat mengatur kompetitor di platform dan mengukur visibilitas SERP untuk grup kata kunci di berbagai situs yang bersaing untuk melihat bagaimana kinerja kamu terhadap orang lain di ruang tersebut.

3. SEMrush

Kegunaan: Ikhtisar organik yang cepat dan komprehensif untuk persaingan, penelitian kata kunci, dan kinerja

SEMrush adalah alat serba guna untuk menganalisis kinerja kamu dan membandingkannya dengan pesaing kamu. Jika kamu mencari perbandingan kompetitor dengan instan atau peringkat tertinggi dari situs kompetitor, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan domain ke SEMrush.

Pertama, toolkit Ikhtisar Domain menyediakan tab ringkasan dengan bagian Penelusuran Organik yang berguna untuk mendapatkan tampilan cepat dan tingkat tinggi dari kinerja situs kamu dalam sektor menyeluruh.

Masing-masing bagian yang termasuk dalam tab ringkasan memiliki tab khusus di API. Ini memungkinkan kamu untuk menggali lebih dalam wawasan tingkat tinggi tersebut dengan cepat dan mudah.

Tempat favorit kedua kami di SEMrush adalah toolkit Celah Kata Kunci. Fitur ini sempurna untuk meninjau kata kunci peluang dengan cepat dalam lanskap kompetitif.

Sekilas kamu dapat menemukan:

  • Area kata kunci terlemah.
  • Pesaing tumpang tindih.
  • Jenis perangkat.
  • Filter posisi.
  • Istilah untuk disertakan / dikecualikan.
  • Volume pencarian.
  • Perbandingan kompetitor.

Seperti yang telah kami sebutkan, SEMrush adalah tempat yang dituju ketika kamu membutuhkan wawasan dengan cepat, dan alat Ajaib Kata Kunci membuktikan maksud kami.

Ini memungkinkan kamu dengan mudah mengidentifikasi istilah yang paling sering digunakan dan dengan variasi paling banyak dalam lanskap khusus yang ditargetkan untuk membantu kamu memanfaatkan peluang bernilai tinggi tersebut.

Fitur berguna lainnya dari alat Ajaib Kata Kunci adalah metrik Kesulitan Kata Kunci, yang memberikan ukuran yang mudah dan cepat tentang seberapa sulit atau mudahnya meningkatkan kinerja untuk kueri tersebut.

4. Tools Optimasi SEO – Keyword Planner

Kegunaan: Riset Kata Kunci untuk optimasi seo

Jika kamu memiliki akses ke akun Google Ads yang aktif, Perencana Kata Kunci dapat menjadi pengubah permainan dalam hal penelitian kata kunci.

Misalnya, API mempertimbangkan istilah yang serupa dan mengelompokkannya untuk satu volume bulanan rata-rata yang mencakup semua istilah serupa (misalnya, jamak).

Kami melihat alat lain menjaga kata kunci kata demi kata (tidak dikelompokkan), yang biasanya meningkatkan metrik volume penelusuran total dan memusingkan untuk membersihkan pasca-ekspor.

API memungkinkan untuk memperluas atau mempersempit penelitian kata kunci topik dan bahkan dapat menjelaskan istilah bermerek.

Fitur lain yang berguna untuk mendukung alur kerja konten adalah bahwa data yang diekspor memberikan volume pencarian selama 12 bulan penuh, selain volume pencarian bulanan rata-rata, yang sangat bagus untuk memahami kemusiman untuk perencanaan konten.

Kami menyarankan kamu mempelajari Perencana Kata Kunci jika kamu belum melakukannya. Ini lebih dari sekadar alat perencanaan iklan untuk tim berbayar; itu adalah impian SEO.

5. Ahrefs

Nilai Kegunaan: Analisa Kompetitor

Ahrefs secara tradisional dikenal karena kemampuan audit tautan baliknya, tetapi juga menyimpan rahasia untuk analisis celah konten kompetitif yang cepat. Dengan menggunakan alat Kesenjangan Konten Ahrefs, kamu dapat menganalisis kata kunci yang peringkatnya diperingkat pesaing kamu tetapi kamu tidak, yang akan membantu kamu lebih memahami di mana mungkin ada celah dalam konten di situs kamu.

Salah satu hal favorit kami tentang alat ini adalah kamu dapat melakukan celah konten seluas atau sespesifik yang kamu inginkan, berdasarkan pilihan pesaing kamu.

Jika kamu menginginkan celah konten yang lebih terspesialisasi, kamu dapat memilih untuk menganalisis subfolder pesaing, daripada seluruh domain.

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan filter Kesenjangan Konten Ahrefs untuk menemukan kata kunci yang lebih terspesialisasi dan berekor panjang yang dapat ditargetkan situs kamu dengan menyesuaikan volume penelusuran dan rentang jumlah kata untuk kata kunci kompetitif.

Source : SEJ