Home » BLOG » Manfaat social media management dalam bisnis
social media management

Manfaat social media management dalam bisnis

Bisa dibilang social media management itu adalah proses pembuatan, penerbitan, dan analisis konten yang di posting pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta terlibat dengan pengguna di platform tersebut. Dalam dunia bisnis, pemilik bisnis dapat merampingkan social media management dengan software atau tools gratis dan tools berbayar sekalipun. Jika dirasa berat, biasanya suatu bisnis akan menggunakan jasa manajemen media sosial profesional seperti digital agency yang banyak tersebar di internet.

Social Media Management menawarkan beberapa manfaat, seperti:

Pembiayaan: Media sosial adalah tempat berbisnis yang hemat biaya. Mengapa demikian? karena pengguna tidak sama sekali dipungut biaya untuk bergabung ke dalam jejaring media sosial, memposting konten, menanggapi komentar, dan masih banyak lagi. Jika ada hal yang berbayar, mungkin itu merupakan iklan seperti, Instagram ads, Facebook ads, dan Google ads. Iklan tersebut cukup terjangkau bagi para pebisnis sesuai dengan jangkauan iklan itu sendiri.

Jangkauan: Jangkauan bisa diperoleh dari seberapa banyak pengguna dalam mempromosikan atau mengelola akun sosial media. Bisa berupa iklan, hashtags, maupun promosi dari teman ke teman. Namun biasanya para pebisnis lebih memilih iklan untuk menentukan jangkauan sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan. Semakin besar biaya yang dikeluarkan maka semakin banyak dan luas pula jangkauan yang dihasilkan.

Pengguna: Memasukkan media sosial ke dalam strategi pemasaran memungkinkan pemilik bisnis untuk menyelaraskan inisiatif pemasaran dengan perilaku pengguna media sosial. Misalnya, 74% orang sekarang menggunakan media sosial saat membuat keputusan pembelian. Belum lagi, 80% orang mendapatkan saran tentang pembelian melalui media sosial.

Kinerja: Efektivitas social media management tergantung dari kinerja para pemilik bisnis itu sendiri, jika menggunakan Digital agency kinerja bisa berpengaruh sesuai dengan kesepakatan antara keduabelah-pihak. Melalui sosial media, perusahaan dapat membangun merek mereka dan bahkan menghasilkan prospek dan penjualan. Hampir 45% pemasar bisnis-ke-bisnis (B2B) telah mendapatkan klien melalui Facebook.

Dengan beberapa keuntungan media sosial tersebut alangkah baiknya pebisnis mempertimbangkan strategi pemasaran. Bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan agency yang telah profesional

Simak Juga: 3 StrAtegi digital marketing Anti boncos – YourOneGoodFriend

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *