Google vs Bing: Perbandingan Lebih Jauh

PERBEDAAN SEM DAN SEO

Google dan Microsoft Bing adalah mesin pencari terbesar yang memenuhi kebutuhan informasi pengguna setiap hari. Mari jelajahi perbandingan mendetail keduanya di sini.

Dalam hal mengoptimalkan situs web, profesional SEO biasanya fokus pada Google. Bagaimanapun, ini adalah mesin telusur paling populer di dunia.

Tapi bagaimana dengan Microsoft Bing? Apakah layak untuk mengoptimalkan situs kamu juga?

Mari kita lihat bagaimana perbandingan dua raksasa penelusuran ini, Microsoft Bing (diganti mereknya dari sekadar ‘Bing’ pada Oktober 2020) dan Google.

Pangsa Pasar Google vs Bing

Salah satu perbedaan pertama antara Microsoft Bing dan Google adalah pangsa pasar. Menurut Statista, pada Februari 2021, Bing menyumbang 6,7% dari pasar pencarian global, sementara Google menguasai 86,6%. Itu sangat besar.

Dan sementara itu mungkin membuatnya tergoda untuk fokus pada Google saja, Microsoft Bing memberikan konversi yang baik dan memiliki basis pengguna yang tidak boleh diabaikan. 6,7% dari pengguna pencarian menyumbang jutaan yang menggunakan Microsoft Bing setiap hari.

Sangat penting untuk mengoptimalkan Bing jika kamu menargetkan audiens Amerika. Faktanya, sepertiga dari kueri online di A.S. didukung oleh properti Microsoft saat kamu memperhitungkan Yahoo dan pencarian suara.

Beberapa orang bertanya-tanya selama bertahun-tahun apakah Bing adalah akronim dari “Because It’s Not Google”. Saya tidak yakin seberapa benar itu, tetapi nama itu memang berasal dari kampanye di awal 1990-an untuk pendahulunya, Penelusuran Langsung.

Berita menarik lainnya adalah Ahrefs baru-baru ini melakukan studi tentang 100 pencarian Bing Teratas secara global dan kueri # 1 yang dicari adalah [Google].

Membandingkan Fungsi Google vs Bing Dari fungsionalitas pencarian


Perspektif, kedua mesin pencari itu serupa, tetapi Google menawarkan lebih banyak fitur inti:

FeatureGoogle Microsoft Bing
Text SearchYesYes
Video SearchYesYes
Image SearchYesYes
MapsYesYes
NewsYesYes
ShoppingYesYes
BooksYesNo
FlightsYesNo
FinanceYesNo
Scholarly LiteratureYesNo

Bagaimana Google & Microsoft Bing Berbeda dalam Ukuran Indeks dan Perayapan

Google mengatakan:

“Indeks Google Penelusuran berisi ratusan miliar halaman web dan berukuran lebih dari 100.000.000 gigabyte.”

Meski begitu, bahkan Google tidak bisa merayapi seluruh web. Itu tidak akan terjadi.

Inilah mengapa menggunakan data terstruktur sangat penting. Ini memberikan umpan data tentang konten kamu sehingga Google dapat memahaminya dengan lebih baik, yang dapat membantu kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan hasil kaya dan mendapatkan lebih banyak klik dan tayangan.

Microsoft Bing belum merilis angka serupa. Namun, situs penaksir ukuran indeks mesin pencari ini menempatkan indeks Microsoft Bing di suatu tempat antara 8 hingga 14 miliar halaman web.

Kedua mesin telah berbagi sedikit tentang pendekatan mereka terhadap pengindeksan web.

Microsoft Bing mengatakan :

“Bingbot menggunakan algoritme untuk menentukan situs mana yang akan di-crawl, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang diambil dari setiap situs. Tujuannya adalah untuk meminimalkan jejak perayapan bingbot di situs web kamu sambil memastikan bahwa konten terbaru tersedia. ”

Kira-kira pada waktu yang sama pernyataan di atas dibuat, John Mueller dari Google berkata:

“Saya pikir bagian yang sulit di sini adalah kami tidak merayapi URL dengan frekuensi yang sama sepanjang waktu. Jadi beberapa URL akan kami rayapi setiap hari. Beberapa URL mungkin mingguan. URL lain setiap beberapa bulan, bahkan mungkin setiap setengah tahun sekali. Jadi ini adalah sesuatu yang kami coba temukan keseimbangan yang tepat, sehingga kami tidak membebani server kamu secara berlebihan. “

Google memiliki indeks yang memprioritaskan seluler, sementara Microsoft Bing mengambil sikap yang berbeda dan tidak berencana untuk menerapkan kebijakan pengindeksan yang memprioritaskan seluler.

Sebaliknya, Microsoft Bing mempertahankan indeks tunggal yang dioptimalkan untuk desktop dan seluler, jadi penting untuk memastikan pengalaman situs kamu dioptimalkan, dimuat dengan cepat, dan memberikan apa yang dibutuhkan pengguna.

Google telah berkembang menjadi lebih dari sekedar mesin pencari dengan produk seperti Gmail, Maps, Chrome OS, Android OS, YouTube, dan banyak lagi.

Microsoft Bing juga menawarkan email melalui Outlook, serta layanan lain seperti Office Online atau OneDrive.

Tidak seperti Google, bagaimanapun, ia tidak memiliki sistem operasinya sendiri. Sebaliknya, ia menggunakan Windows Phone 8 atau iOS di perangkat Apple.

Sekarang, mari kita lihat di mana Bing setara dengan Google – atau lebih unggul.

Perbedaan User Interface & Tools

Google memiliki antarmuka yang bersih dan sederhana yang menurut banyak orang mudah digunakan.

Begitu juga dengan Microsoft Bing; menurut saya, Bing sebenarnya sedikit lebih visual.

Kedua mesin pencari menampilkan informasi berguna tentang pencarian terkait, gambar, perusahaan, dan berita dan melakukan pekerjaan yang baik dalam memberi tahu pengguna tentang segala hal yang perlu mereka ketahui tentang topik tertentu. Google vs Bing

Begitu juga dengan Microsoft Bing; menurut saya, Bing sebenarnya sedikit lebih visual.

Kedua mesin pencari menampilkan informasi berguna tentang pencarian terkait, gambar, perusahaan, dan berita dan melakukan pekerjaan yang baik dalam memberi tahu pengguna tentang segala hal yang perlu mereka ketahui tentang topik tertentu.

Profesional SEO menyukai alat dan data kami.

Untungnya, Google dan Microsoft Bing memiliki alat penelitian kata kunci yang layak yang menawarkan wawasan tentang kinerja:

Satu area di mana menurut saya Google tertinggal adalah data yang disediakannya di Google Search Console. Jika kamu ingin mempelajari cara menggunakannya, lihat Cara Menggunakan Google Search Console untuk SEO: Panduan Lengkap.

Salah satu set fitur keren di Microsoft Bing adalah kemampuan untuk mengimpor data dari Google Search Console:

Bing Webmaster Tools.

Fitur Microsoft Bing lain yang menurut saya mengalahkan Google adalah fakta bahwa ia menyediakan Laporan SEO.

Menurut Bing, laporan ini berisi rekomendasi tingkat halaman umum berdasarkan praktik terbaik SEO untuk meningkatkan peringkat kamu.

Laporan tersebut dibuat secara otomatis setiap dua minggu dan memberikan tip tentang apa yang harus dikerjakan atau dilihat.

Microsoft Bing SEO reports.

Lihat Panduan Lengkap untuk Alat Webmaster Bing untuk mempelajari lebih lanjut.

Microsoft Bing May Excel dalam Pencarian Gambar Melalui Google

Ketika datang ke pencarian gambar, Microsoft Bing mungkin memiliki keunggulan di Google dengan menyediakan gambar berkualitas lebih tinggi.

Saya juga menyukai fitur pemfilteran dalam pencarian gambarnya, karena kamu dapat mematikan judul dan mencari berdasarkan ukuran, warna, atau jenis gambar.

Microsoft Binge image search.

Uji Pencarian Gambar Visual Bing, yang memungkinkan kamu melakukan lebih banyak hal dengan gambar. Lihat perpustakaan keahlian khusus untuk membantu kamu berbelanja, mengidentifikasi bangunan terkenal dan hewan, atau sekadar bersenang-senang.

Kemudian, lihat Cara Kerja Algoritma Gambar & Video Bing untuk mempelajari lebih lanjut.

Google memiliki lebih banyak gambar yang tersedia untuk dilihat daripada Microsoft Bing. Manfaatkan semaksimal mungkin dengan kiat di Panduan Penelusuran Gambar Lanjutan Google.

Namun, Microsoft Bing memberikan informasi lebih rinci tentang gambar yang dicari pengguna.

Google image search.

Bagaimana Microsoft Bing & Google Menangani Pencarian Video

Microsoft Bing menyediakan halaman hasil pencarian video yang jauh lebih visual, termasuk tampilan grid thumbnail besar.

Hasil video Google lebih standar, dengan daftar thumbnail kecil vertikal. Google vs Bing

Microsoft Bing juga menyediakan pratinjau video tertentu dan mengkliknya tidak akan mengalihkan kamu dari Bing, yang keren. Dari sudut pandang saya, ini juga memberikan lebih banyak informasi dalam hasil video.

Seperti yang dapat kamu lihat dari tangkapan layar dari penelusuran film di bawah, mereka menyertakan peringkat dan ulasan, serta pemerannya dan bahkan di mana kamu dapat menonton filmnya, itu bagus.

Microsoft Bing video search

Saya tidak mendapatkan pengalaman ini dengan pencarian video Google.

Ini adalah salah satu area di mana Microsoft Bing pasti mengungguli Google.

Google Video search

Daftar Peta di Kedua Mesin Pencari Penting untuk SEO Lokal

Kedua mesin memiliki fungsi yang sama untuk peta, termasuk daftar peta dan daftar lokal di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Pastikan kamu mengklaim semua daftar kamu di Microsoft Bing dan Google dan mengoptimalkan profil kamu dengan informasi bisnis, foto, kategori yang tepat, dan tautan.

Informasi nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) yang akurat adalah kuncinya.

Lihat Panduan Lengkap Pemasaran Google Maps.

Mengoptimalkan untuk Google Search vs. Microsoft Bing

Google sangat mementingkan E.A.T: Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan.

Penelusuran Google diberdayakan oleh algoritme berbasis mesin yang memperhitungkan lokasi dan riwayat penelusuran sebelumnya pengguna saat memberikan hasil.

Artinya, jika pengguna tertentu ingin mencari sesuatu yang spesifik di Google, akan jauh lebih mudah daripada di Microsoft Bing karena Google memiliki gambaran yang lebih lengkap tentang siapa orang itu sebelum mereka mengetik apa pun di browser.

Google selalu menjadi mesin pencari yang berorientasi pada tautan di mana kualitas tautan tetap penting daripada kuantitas. Tautan tidak sepenting di Microsoft Bing. Google vs Bing

Menurut saya, Microsoft Bing selalu fokus pada optimasi on-page. Ini memberi bobot lebih pada konten yang dioptimalkan dengan baik, atau yang menyertakan elemen penting pada halaman seperti judul, deskripsi, URL, dan konten.

Tidak seperti Google, Microsoft Bing menyatakan dalam pedoman webmasternya bahwa ia memasukkan sinyal sosial ke dalam algoritmanya. Itu berarti kamu juga harus fokus pada Twitter dan Facebook – termasuk membangun konten berkualitas baik di situs dan platform sosial kamu – jika kamu ingin mendapat peringkat tinggi di Microsoft Bing.

Konten sangat penting untuk kedua mesin pencari. Selalu fokus pada konten berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Dengan membuat konten yang bermanfaat dan relevan, pengguna secara alami akan menyukainya dan menautkannya.

Jadi, misalnya, jika saya mencari mobil, kamu harus menunjukkan kepada saya konten yang berharga tentang topik: bagaimana saya bisa membeli mobil, biaya, perawatan, seperti apa pengalaman berbelanja, dll.

Baik kecepatan, keramahan seluler, dan infrastruktur teknologi yang tepat penting untuk kedua mesin. Namun, Microsoft Bing lebih fokus pada penggunaan teks tautan. Bing dikenal memberi penghargaan pada situs dengan teks tautan yang cocok untuk judul halaman, yang telah didevaluasi oleh Google beberapa tahun yang lalu.

Google Search vs. Microsoft Bing: “The Verdict”

Baik Microsoft Bing maupun Google memenuhi kebutuhan informasi jutaan orang setiap hari.

Keduanya menawarkan peluang bagi merek kamu untuk menjangkau pengguna baru dan menempatkan kamu di hadapan jutaan pelanggan berkualifikasi yang mencari informasi, produk, dan layanan.

Mengoptimalkan untuk kedua mesin pencari serupa. Microsoft Bing lebih fokus pada pengoptimalan pada halaman dan menggabungkan sinyal sosial, sementara Google lebih fokus pada E.A.T. dan tautan.

Microsoft Bing jelas telah meningkat selama setahun terakhir dan lebih kompetitif dengan Google, terutama dalam fitur-fiturnya yang unik.

Itulah mengapa saya merekomendasikan untuk mengoptimalkan keduanya, untuk menjangkau bagian terbesar dari penelusuran internet dan memaksimalkan visibilitas.

Sumber : SEJ

simak juga : 10 tools untuk SEO