Biar ga bingung, ini dia perbedaan sem dan seo!

PERBEDAAN SEM DAN SEO

Pada dasarnya Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah cara guna mendulang traffic pada sebuah website dengan memanfaatkan Search Engine atau mesin pencari. Meskipun sama-sama mengandalkan search engine untuk kebutuhan pemasaran suatu website, namun kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Secara garis besar Perbedaan SEM dan SEO berbeda dari penggunaannya, SEM lebih mengarah kepada iklan dan SEO mengarah kepada audiens yang secara mandiri datang kepada website kita.
Untuk lebih lanjut, Yuk kita simak perbedaan antara SEM dan SEO!

  1. Perbedaan dari Penggunaannya
    Perbedaan pertama terlihat dari cara yang digunakan, SEO berfokus pada optimasi dari banyak aspek, mulai dari pemilihan server pada website hingga relevansi konten dengan kata kunci yang dibidik. Misalnya, ketika menargetkan kata kunci untuk layanan WC, pengguna strategi SEO akan membuat artikel dengan judul dan konten yang relevan, dan memperhatikan struktur artikel sehingga artikel tersebut bisa di crawling dengan spider bot search engine. Kalau SEM merupakan strategi yang menggunakan media iklan mesin pencari. Penggunaan SEM dapat dilakukan dengan memasang iklan di platform Google Ads. Pada platform ini, perusahaan dapat membayar setiap iklan yang muncul atau diklik pengguna, dan menampilkan situs web mereka di mesin pencari menggunakan kata kunci target yang telah ditentukan.
  2. Perbedaan dari Optimasinya
    Perbedaan selanjutnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk optimasi. Optimisasi mesin pencari membutuhkan waktu dan proses yang lama untuk menampilkan artikel di halaman pertama mesin pencari. Hal ini terjadi karena aplikasi SEO membutuhkan ketelitian dan kejelian dalam mengatur konten untuk membangun link yang diperlukan untuk membantu peringkat website di mesin pencari. Pada saat yang sama, SEM lebih memperhatikan apakah pelaku bisnis atau perusahaan siap beriklan untuk target tertentu. Sehingga perusahaan menyediakan konten pemasaran yang dapat segera muncul di beranda mesin pencari. Untuk itu, jika traffic sangat dibutuhkan dengan budget yang lumayan banyak di perusahaan, maka SEM merupakan jalan pintas yang bisa digunakan untuk membangun brand di mesin pencari.

Manfaat dari kedua hal tersebut juga berbeda loh!

Manfaat SEO:

  1. SEO bermanfaat untuk mendatangkan audiens yang mencari keyword sesuai dengan website kita, tentunya SEO ini gratis dan hanya memerlukan strategi yang tersusun agar para pengunjung bisa langsung dapat menemukan situs kita.
  2. Meningkatkan popularitas website. Karena situs web Anda sering muncul di mesin pencari, secara tidak langsung akan menciptakan popularitas itu sendiri, memungkinkan pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis dan perusahaan Anda. Terlebih lagi SEO akan mendapatkan data pengunjung secara gratis. Metode ini dapat diperoleh dengan memasang pelacakan analitik di situs web yang dioptimalkan.

Manfaat SEM:

  1. SEM mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menarik audiens dari mesin pencari. Anda dapat memanfaatkan SEM secara maksimal, karena sebagai pengguna, Anda dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat iklan yang disiapkan sesuai dengan minat yang telah Anda siapkan.
  2. SEM dapat menarik pengunjung dengan penggunaan anggaran yang lebih mudah dikontrol dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang disiapkan oleh perusahaan.

Nah, sudah jelas kan perbedaan antara SEM dan SEO? kalau sudah jelas, jangan lupa sesuaikan dengan tujuan perusahaan atau websitemu. Jika ingin melacak pengunjung secara otomatis lebih baik menggunakan SEM, namun jika ingin mengoptimalisasi website secara gratis sehingga pengunjung akan datang dengan sendirinya, lebih baik gunakan SEO.

The choice are in your hand!

Simak Juga: APA SIH FUNGSI DARI KOL MANAGEMENT? YUK CARI TAU!